Print Friendly and PDF


Lisensi FLEGT

Lisensi FLEGT memberikan jaminan bahwa kayu yang berasal dari negara VPA telah dipanen, diproses dan diekspor sesuai dengan hukum nasional yang berlaku. Lisensi FLEGT bertujuan untuk memenuhi persyaratan pemeriksaan diperbatasan dan tidak ditujukan sebagai label produk.

Lampiran dalam setiap VPA memberikan format untuk lisensi FKEGT, berdasarkan contoh dari Uni Eropa. Bentuk yang sama bertujuan untuk memastikan bahwa lisensi yang dikeluarkan oleh negara-negara mitra yang berbeda mempunyai kesamaan namun tetap memberikan informasi yang spesifik dari tiap negara.

Otoritas pemberi lisensi FLEGT di negara mitra mengeluarkan lisensi FLEGT untuk pengiriman kayu dan produk kayu yang diekspor ke negara Uni Eropa, surat itu dijadikan sebagai bukti bahwa pengiriman sudah sesuai secara hukum.

Otoritas pemberi lisensi dapat melakukan dua cara pendekatan dalam mengeluarkan lisensi FLEGT:

  • Berdasarkan transportasi pengiriman. Otoritas pemberi lisensi mengeluarkan lisensi berdasarkan pengiriman demi pengiriman, setelah pertama melakukan pemeriksaan bahwa setiap pengiriman kayu telah memenuhi persyaratan sistem jaminan legalitas kayu.
  • Berdasarkan operator. Jika otoritas pemberi lisensi sudah merasa puas dengan operator tertentu misalnya perusahaan prosesor kayu, maka otoritas dapat memeriksa kelegalan kayu berdasarkan persyaratan dari sistem jaminan legalitas, otoritas akan memberikan semua izin pengiriman dari perusahaan dengan lisensi FLEGT tersebut.

Dalam kedua pendekatan tersebut, setiap pengirim kayu atau produk kayu dapat mempunyai lisensi FLEGT.

Pada saat sistem lisensi FLEGT dijalankan, badan pengawasan perbatasan Uni Eropa atau otoritas yang kompeten akan memeriksa semua produk dari negara mitra negara VPA yang tercantum dalam lampiran VPA tentang lingkup produk, produk yang disertai dengan lisensi FLEGT mendapat izin untuk memasuki pasar Uni Eropa. Jika tidak, otoritas dapat menolak produk tersebut untuk masuk ke Uni Eropa. Dengan demikian, hanya kayu legal yang dapat memasuki pasar Uni Eropa. Pengawasan dari Uni Eropa dapat memaksa negara mitra untuk meminimalisir pembalakan liar.

Setiap negara Uni Eropa bertanggung jawab untuk membentuk mekanisme guna menghindari masuknya kayu yang tidak berlisensi ke dalam Uni Eropa. Lampiran mengenai standard dalam VPA menerangkan tentang prosedur untuk memverifikasi lisensi FLEGT, seperti yang tertera dalam Peraturan FLEGT tahun 2005. Pengiriman tanpa lisensi akan ditolak di perbatasan Uni Eropa. Lihat bagian dari Kupas VPA dalam lampiran tentang prosedur impor produk kayu berlisensi ke Uni Eropa.

Informasi lebih lanjut

Tautan eksternal

EU. 2007. FLEGT Briefing Note 08: Market participant-based legality assurance and FLEGT licensing. European Union. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016