Print Friendly and PDF


Pengambilan keputusan partisipatif

Tingkat partisipasi stakeholders dan pengaruhnya yang digunakan dalam proses Kesepakatan Sukarela Kemitraan (VPA) belum pernah terjadi sebelumnya. Proses VPA melahirkan partisipasi, baik di dalam prosesnya itu sendiri dan sebagai hasil dan komitmen yang dibuat para pihak di dalam naskah dan lampirannya.

VPA sebagai kesepakatan perdagangan pertama yang dibangun melalui proses yang melibatkan berbagai pihak telah mempengaruhi pengambilan keputusan dalam sektor kehutanan.

Partisipasi tidak hanya memungkinkan para stakeholders mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang akan mempengaruhi mereka tetapi juga menguntungkan proses pengambilan keputusan itu sendiri. Keputusan yang diambil melalui proses partisipatif biasanya lebih praktis, seimbang, efektif serta merefleksikan konsensus yang luas di antara pengambil keputusan.

Tanpa proses pelibatan multipihak, sebuah VPA menjadi kurang kredibel. Untuk itu, Uni Eropa mengharapkan partisipasi stakeholders yang luas dalam tahap negosiasi serta implementasi dalam proses VPA.

Untuk membaca lebih jauh mengenai bagaimana proses VPA melahirkan partisipasi dan keuntungan yang dihasilkan diberbagai negara, liat bagian mengupas VPA tentang bagaimana VPA meningkatkan partisipasi.

 

Sudut pandang: Saskia Ozinga mengenai kedalaman konsultasi VPA

“Tingkat konsultasi antara pemerintah, masyarakat sipil, LSM dan sektor swasta ini tidak pernah terjadi di negara-negara ini sebelumnya. Sebenarnya ini tidak pernah terjadi di mana pun termasuk di Eropa.”

Saskia Ozinga, Koordinator Kampanye pada LSM FERN, mantan penasehat kehutanan senior di Departemen untuk Bantuan Pembangunan Inggris (DFID) /  Sumber: Jeffree, M. 2014. FLEGT forest power to the people. Timber Trades Journal Online October 2014 48–49.

Informasi lebih lanjut

Tautan eksternal

Canby, K. 2013. Forest Law Enforcement Governance and Trade (FLEGT) Voluntary Partnership Agreements (VPAs) or How to do effective consultation for national policies. Forest Trends PowerPoint presentation. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016