Print Friendly and PDF


Dukungan untuk stakeholder VPA

Sampai saat ini, program bantuan pembangunan Uni Eropa juga disalurkan untuk mendukung pemerintah nasional, organisasi masyarakat sipil dan/atau sektor swasta dalam proses Perjanjian Kemitraan Sukarela (VPA). Dukungan digunakan termasuk untuk pembangunan kapasitas, saran teknis dan bantuan logistik selama pra-perundingan, negosiasi dan pelaksanaan tahapan.

Fasilitator FLEGT

Kebanyakan proses VPA telah memperoleh manfaat dari keterlibatan dan dana dari fasilitator Tata Kelola Hutan Penegakan Hukum dan Perdagangan (FLEGT) Uni Eropa yang netral. Fasilitator mendukung proses, membantu memastikan keterlibatan efektif stakeholders dan membantu para stakeholders mengidentifikasi solusi masalah. Sampai saat ini, fasilitator telah didanai oleh Uni Eropa, atau negara anggota Uni Eropa. Namun demikian, fasilitator bekerja secara netral dan berfungsi untuk memperkuat VPA, menyediakan dukungan bagi Uni Eropa dan negara mitra.

Asistensi teknis

Pemerintah negara pengekspor kayu kemungkinan membutuhkan dukungan tambahan dalam hal-hal tertentu, misalnya dalam masalah partisipasi stakeholder atau penelusuran kayu.

Program bantuan pembangunan sering menyediakan teknis spesialis untuk bekerja di lembaga pemerintah di negara-negara mitra. Beberapa negara mitra VPA telah meminta bantuan dari negara donor untuk memberikan bantuan spesialis yang dapat membantu dan memberikan input kepada mereka untuk negosiasi dan/atau pelaksanaan VPA. Dalam negosiasi bilateral, negara pengekspor kayu telah mendapat dukungan berupa asisten teknis. Asisten teknis juga dapat membantu proses demi dalam VPA, misalnya:

  • Membantu pemerintah membuat struktur nasional untuk konsultasi multipihak atau pendekatan partisipatori untuk memastikan adanya masukan dari pada stakeholders
  • Mengidentifikasi kapasitas kebutuhan
  • Menyediakan dukungan administratif untuk membantu pemerintah dalam mengadakan pertemuan kunci, workshop, negosiasi dan kegiatan lainnya

Organisasi internasional dan Lembaga bantuan pembangunan

Organisasi Internasional dan organisasi bantuan pembangunan sering membuat program atau menyediakan hibah untuk membantu stakeholders nasional:

  • Berpartisipasi dalam proses VPA
  • Membangun kapasitas untuk isu tata kelola hutan
  • Mendukung proses VPA dengan jalan lain

Di samping Komisi Eropa, organisasi yang membantu para stakeholders nasional termasuk:

 

Fasilitas FLEGT Uni Eropa

Fasilitas FLEGT Uni Eropa, yang dijalankan oleh Institute Pertanian (Forest Institute) Eropa, memberikan bantuan teknis kepada pemerintah dan kelompok stakeholders lainnya di negara pengekspor kayu untuk mendukung negosiasi dan implementasi VPA. Fasilitas ini dapat berupa:

  • • Bantuan dengan cara berbagi informasi, pembangunan kapasitas dan kerjasama regional tentang FLEGT
  • Menginformasikan negara yang tertarik mengenai Rencana Aksi FLEGT dan VPA
  • Mendukung dialog nasional di negara-negara yang tertarik mengenai apakah mereka ingin bergabung dengan VPA atau tidak
  • Memperjelas aspek teknis dari VPA, seperti sistem jaminan legalitas, tujuan transparansi dan komite implementasi bersama
  • Bawa pelajaran dari proses VPA di tempat lainnya
  • Mendukung negara dalam mengembangkan sistem jaminan legalitas
  • Mendukung stakeholder negara VPA dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan untuk memenuhi tujuan dan komitmen VPA
  • Membantu negara mengidentifikasi kapasitas yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam VPA

Lembaga swadaya masyarakat berbasis Uni Eropa

Beberapa lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di Uni Eropa juga terlibat dalam proses VPA di negara-negara pengekspor kayu. Kegiatan LSM ini termasuk penguatan kapasitas para stakeholders menggunakan ruang negosiasi yang diciptakan oleh proses VPA secara efektif dan melakukan penelitian kebijakan yang relevan untuk mendukung advokasi stakeholder.

Organisasi-organisasi yang mendukung kelompok-kelompok masyarakat sipil di negara-negara pengekspor kayu melalui peningkatan kapasitas dan advokasi kegiatan adalah:

LSM yang mendukung stakeholders swasta di negara pengekspor kayu meliputi:

Asosiasi perdagangan juga memberikan dukungannya dalam proses VPA. Antara lain, mereka membantu importir Eropa memahami kondisi di negara-negara mitra VPA sehingga mereka dapat memastikan bahwa sumber material mereka adalah legal. Asosiasi perdagangan meliputi:

  • The European Timber Trade Federation (www.ettf.info) and its membership of national timber trade federations in EU member states, such as the UK Timber Trade Federation (www.ttf.co.uk)
  • The Association Technique Internationale des Bois Tropicaux (www.atibt.com)

Jaringan Hak Komunitas

Jaringan Hak komunitas adalah jaringan internasional dari organisasi masyarakat sipil yang mempunyai keprihatinan terhadap tata kelola hutan. Banyak anggota jaringan adalah organisasi di negara-negara yang sedang melangsungkan negosiasi atau menerapkan VPA. Jaringan tersebut bertemu setiap dua tahun untuk berbagi informasi dan mengembangkan strategi. Jaringan ini kemudian mempresentasikan temuan dan kekhawatiran kepada Komisi Eropa dan Anggota Parlemen Eropa.

Informasi lebih lanjut

Tautan eksternal

Duffield, L. and Ozinga, S. 2014. Making Forestry Fairer. A Practical Guide for Civil Society Organisations Taking Part in VPA Negotiations. FERN. 68pp. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016