Print Friendly and PDF


Sistem jaminan legalitas kayu

Di dalam jantung semua VPA adalah sistem jaminan legalitas kayu yang memverifikasi bahwa produk kayu telah sesuai dengan hukum yang berlaku. Sekali produk diverifikasi legal, negara mitra dapat memberikan lisensi FLEGT yang akan dikirim/ekspor ke negara Uni Eropa. Ketika negara mitra mulai memberikan lisensi FLEGT, Uni Eropa hanya akan menerima produk kayu yang dari negara tersebut yang sudah berlisensi FLEGT.

Beberapa negara memenuhi persyaratan VPA dengan mengadaptasi sistem yang telah ada. Di Indonesia, misalnya, sistem jaminan legalitas kayu yang disingkat SVLK telah ada sebelum negosiasi VPA dimulai Sejak itu, Indonesia telah mengajukan SVLK melalui proses VPA.

Negara lain telah menggabungkan skema sertifikasi privat yang digunakan oleh perusahaan nasional ke dalam sistem jaminan legalitas kayu ke dalam VPA mereka, untuk meringankan beban kepatuhan bagi sektor swasta.

Beberapa negara perlu membangun elemen baru untuk sistem jaminan legalitas kayu mereka guna memastikan bahwa sistem tersebut cukup kuat untuk memenuhi persyaratan VPA. Lima komponen utama yang sama dengan semua sistem jaminan legalitas kayu VPA adalah:

Komponen-komponen tersebut diilustrasikan di bawah ini dan setiap komponen dijelaskan dalam bagian Kupas VPA. Rincian dari setiap komponen bervariasi dari negara satu dengan negara yang lain, seperti diterangkan di lampiran di bawah ini:

Gambar 7. Bagian komponen dari sistem jaminan legalitas kayu

Informasi lebih lanjut

Tautan Eksternal

EU. 2007. FLEGT Briefing Note 03: A timber legality assurance system. European Union. [Download PDF]




 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016