Print Friendly and PDF


Perdagangan produk FLEGT berlisensi

Kesepakatan Kemitraan Sukarela (VPA) mendukung perdagangan kayu dan produk kayu yang legal. Untuk meningkatkan perdagangan kayu dan produk kayu legal, negara-negara mitra VPA mengembangkan sistem untuk memverifikasi legalitas kayu dan menyediakan produk hukum dengan lisensi FLEGT. Uni Eropa menganggap kayu berlisensi FLEGT legal dan dapat memasuki pasar Uni Eropa. Negara-negara mitra VPA berkomitmen untuk ekspor hanya kayu berlisensi FLEGT ke Uni Eropa.

Sebaliknya, kayu tanpa lisensi FLEGT dari negara mitra non-VPA menghadapi kontrol ketat sebelum dapat memasuki pasar Uni Eropa. Hal ini karena Peraturan Kayu Uni Eropa memberlakukan sanksi terhadap operator Uni Eropa yang mengimpor produk ilegal.

Alasan untuk VPA adalah bahwa mereka menciptakan insentif pasar untuk kayu legal. Sampai saat ini, enam negara telah meratifikasi VPA dan negara tersebut telah menerapkan sistem untuk menggunakan lisensi FLEGT. Sembilan negara lain sedang menegosiasikan VPA dengan Uni Eropa.

Bersama-sama, negara-negara ini memasok lebih dari dua-pertiga dari kayu tropis yang diimpor ke Uni Eropa pada tahun 2012. Beberapa negara-negara ini sangat bergantung pada ekspor kayu olahan primer ke Uni Eropa. Negara-negara lain yang saat ini tidak terlalu banyak mengekspor ke Uni Eropa dapat berharap agar VPA dapat meningkatkan ekspor ke Uni Eropa.

Namun, ternyata persetujuan perjanjian dan pelaksanaan VPA membutuhkan waktu lebih lama daripada yang diantisipasi. Sebagian, karena proses VPA ingin mengatasi masalah tata kelola hutan yang telah lama terabaikan. Akibatnya, pada saat penulisan, tidak ada satu negara pun yang telah mengirim kayu berlisensi FLEGT ke Uni Eropa. Dengan demikian, masih terlalu dini untuk menilai dampak dari VPA pada perdagangan. Pengaruh dari VPA pada perdagangan akan tergantung pada:

  • Skala dan laju pemulihan ekonomi di Uni Eropa
  • Kedatangan dari pengiriman pertama kayu berlisensi FLEGT di Uni Eropa
  • Implementasi dan penegakan Peraturan Kayu Uni Eropa secara penuh

Tertundanya penerimaan data statistik perdagangan yang up-to-date berarti, bahwa ketika kayu berlisensi FLEGT tersedia di pasar Uni Eropa, efek pada volume dan nilai-nilai tidak akan jelas sampai setahun kemudian. Namun demikian, sistem pemantauan pasar baru yang independen akan menilai dampak pada perdagangan kayu tropis.

Trade in FLEGT-licensed products

Informasi lebih lanjut

Tautan eksternal

Fripp, E. 2004. FLEGT and Trade: What Will the Impacts Be? Sustainable Development Programme, Chatham House. London. [Download PDF]

Lawson, S. and McFaul, L. 2010. Illegal Logging and Related Trade: Indicators of the Global Response. Chatham House, London. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016