Print Friendly and PDF


Elemen dalam VPA

Semua Kesepakatan Kemitraan Sukarela (VPA) mempunyai kesamaan elemen. Detail dari setiap perjanjian, bagaimanapun, tetap unik dalam konteks nasional masing-masing negara mitra, karena didasarkan pada hukum nasional dan prioritas stakeholders nasional.

Output dari setiap perjanjian meliputi:

Naskah dari VPA, yang dipisah dalam dua bagian, yaitu bagian naskah utama dan lampiran, menjelaskan output tersebut. Naskah utama dari VPA menguraikan prinsip-prinsip dasar dan struktur, dan sedikit bervariasi antara VPA. Bagian lampiran bervariasi antara VPA karena di dalamnya terdapat rincian spesifik sebuah negara pada isu-isu seperti:

  • Persyaratan hukum yang akan dipantau dan untuk memastikan kesesuaian hukum negara mitra dengan VPA
  • Prosedur untuk memverifikasi legalitas, penelusuran kayu dan mengeluarkan lisensi FLEGT
  • Dokumen-dokumen dan data negara akan dibuka untuk diakses oleh publik

Musyawarah diantara para stakeholders di negara pengekspor kayu akan menentukan ambisi dan isi VPA. Musyawarah ini membantu pemerintah negara mitra VPA dalam menentukan ruang lingkup produk VPA yang akan dicakup. Apakah mereka akan menyertakan pasar domestik, seberapa besar cakupan reformasi hukum dan tata kelola yang mereka inginkan.

Sebuah VPA yang mencakup reformasi hukum dan langkah-langkah pasar domestik memberikan sinyal yang kuat bahwa pemerintah negara mitra siap untuk mengatasi tantangan tata kelola fundamental yang mengakibatkan penebangan liar secara komprehensif.

Informasi lebih lanjut

Bagian-bagian terkait Kupas VPA

Output VPA

Naskah dan lampiran VPA



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016