Print Friendly and PDF


Prinsip-prinsip VPA

Prinsip-prinsip VPA berikut menerangkan filosofi dibalik Kesepakatan Kemitraan Sukarela (VPA) dan perbedaannya dengan kesepakatan perdagangan pada umumnya.

VPA bersifat sukarela namun mengikat secara hukum. Uni Eropa dan negara pengekspor kayu memilih untuk memasuki proses VPA. Jika telah diratifikasi, VPA mengikat kedua pihak yaitu Uni Eropa dan negara mitra.

VPA bersifat partisipatif dan mencerminkan konsensus nasional. Untuk memastikan bahwa VPA kredibel dan memenuhi harapan pasar, Uni Eropa mendukung keterlibatan sektor swasta, organisasi masyarakat/LSM, dan jika memungkinkan, masyarakat lokal untuk berpartisipasi dalam keseluruhan proses VPA.

VPA praktis dan berorientasi pada hasil. VPA menghasilkan solusi yang kuat, transparan dan layak untuk masalah yang diidentifikasi oleh para stakeholders.

VPA transparan. Perundingan kesepakatan perdagangan sering dilakukan secara tertutup. Perundingan VPA dilakukan dengan kerahasiaan yang minim.

VPA lebih dari sekedar perjanjian perdagangan. VPA juga bertujuan untuk memajukan masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan.

VPA memajukan tata kelola pemerintahan yang baik. VPA bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan penegakan hukum serta untuk menguatkan hak-hak masyarakat yang tergantung pada hutan.

VPA dimiliki oleh negara. Keterlibatan para stakeholders bertujuan untuk memastikan kepemilikan nasional VPA serta memastikan bahwa VPA berfungsi dalam konteks nasional.

A VPA process is flexible. Proses VPA terbuka untuk ide-ide dan solusi, serta dapat disesuaikan dengan realitas dan tujuan setiap mitra. Tidak ada cetak biru (blueprint) dan deadline yang ketat untuk menyelesaikan VPA.

Informasi lebih lanjut

Tautan eksternal

Duffield, L. and Ozinga, S. 2014. Making Forestry Fairer: A Practical Guide for Civil Society Organisations Taking Part in VPA Negotiations. FERN. 68pp. [Download PDF]

Othman, M. et al. 2012. FLEGT Voluntary Partnership Agreements. ETFRN News 53: 109-116. [Download PDF]

Pearce, F. 2012. Forest Stands: How New EU Trade Laws Help Countries Protect Both Forests and Peoples. FERN. 24pp. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016