Print Friendly and PDF


Lampiran VPA dalam prosedur impor untuk produk kayu berlisensi FLEGT ke UE

Lampiran dalam prosedur Uni Eropa untuk impor produk kayu berlisensi FLEGT sedikit bervariasi di antara VPA. Hal ini dikarenakan VPA diambil dari peraturan Tindak Penegakan Hukum, Tata Kelola dan Perdagangan Sektor Kehutanan (FLEGT) Uni Eropa tahun 2005. Lampiran ini menerangkan tentang tindakan pengawasan di perbatasan Uni Eropa serta prosedur yang harus diikuti oleh otoritas di negara anggota Uni Eropa ketika kapal berisi kayu dengan lisensi FLEGT atau produk kayu dari negara mitra VPA tiba di pelabuhan.

Tindakan pengawasan dan prosedur tersebut diabadikan dalam Peraturan FLEGT Uni Eropa tahun 2005 serta didalam peraturan pelaksanaan tahun 2008. Di bawah peraturan ini, pada satu negara VPA memulai lisensi FLEGT, otoritas yang berkompeten di negara anggota Uni Eropa pun harus memverifikasi bahwa kayu kiriman dari negara mitra VPA tersebut mempunyai lisensi FLEGT yang masih berlaku.

Lampiran dalam prosedur Uni Eropa untuk impor produk kayu berlisensi FLEGT menerangkan dua jenis pemeriksaan:

  • Pemeriksaan dokumen lisensi untuk memastikan mereka mempunyai format, tanggal dan isi yang benar.
  • Pemeriksaan fisik, menurut prosedur normal dari otoritas bea cukai didalam negara anggota Uni Eropa untuk memastikan bahwa pengiriman sesuai dengan lisensi yang menyertainya.

Informasi lebih lanjut




 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016