Print Friendly and PDF


Lampiran VPA mengenai jadwal implementasi

Sebagian besar Kesepakatan Kemitraan Sukarela (VPA) sampai hari ini mempunyai lampiran mengenai jadwal implementasi, jadwal tersebut menguraikan mengenai langkah-langkah dan waktu untuk melakukan kegiatan setelah negosiasi berakhir dan ketika pelaksanaan akan dimulai, seperti yang disarankan dan disetujui oleh para pihak. Tindakan tersebut meliputi:

Lampiran mengenai jadwal pelaksanaan memungkinkan para pihak untuk mengidentifikasikan langkah selanjutnya dan memprioritaskan area kerja. Lampiran tersebut juga menyediakan pijakan untuk komite pelaksanaan bersama dalam membuat rencana kerja dan mengawasi kemajuan kegiatan.

Negara mitra yang tidak mempunyai lampiran mengenai jadwal implementasi, seperti Indonesia, tetap harus menyiapkan jadwal tersebut. Indonesia dan Uni Eropa membuat jadwal selama pelaksanaan VPA dalam bentuk Rencana Aksi Bersama.

Lampiran-lampiran dalam jadwal implementasi memberikan indikasi mengenai kapan para pihak dapat memulai lisensi FLEGT. Namun demikian, untuk hampir semua persetujuan yang dilakukan VPA hingga saat ini, jadwal yang ditetapkan untuk memulai lisensi FLEGT dalam proses negosiasi ternyata terlalu optimis. Pengalaman menunjukkan bahwa kompleksnya tugas yang harus dibuat dalam sistem jaminan legalitas kayu biasanya memakan lebih banyak waktu dari yang diperkirakan dalam proses negosiasi.

Informasi lebih lanjut

Bagian yang berhubungan dalam Kupas VPA

Naskah dan lampiran VPA

Tahap implementasi dalam proses VPA

Tautan Eksternal

Indonesia-EU Action Plan on Advancement of VPA Implementation [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016