Print Friendly and PDF


Lampiran VPA pada sistem jaminan legalitas

Sistem jaminan legalitas kayu merupakan inti dari Perjanjian Kemitraan Sukarela (VPA). Lampiran mengenai sistem jaminan legalitas menjelaskan bagaimana mitra negara VPA, dalam praktek sistem jaminan legalitas, membedakan kayu dan produk kayu legal dengan yang ilegal, serta bagaimana cara negara menerbitkan ijin FLEGT untuk produk kayu yang legal.

Lampiran pada sistem jaminan legalitas menetapkan:

  • Badan-badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk aspek yang berbeda dari sistem secara keseluruhan, dan bagaimana mereka bekerja
  • Peranan sektor swasta atau organisasi masyarakat sipil dalam memeriksa kesesuaian dengan sistem dan memantau pelaksanaan

Lampiran tersebut menggambarkan komponen-komponen dari sistem jaminan legalitas kayu sebagai berikut:

Definisi legalitas. Definisi legalitas menerangkan tentang aturan main dan perundang undangan yang akan digunakan dalam sistem jaminan legalitas kayu. Artinya peraturan itulah yang akan dipakai untuk memeriksa kesesuaian. Namun demikian, hampir semua VPA saat ini meletakkan definisi legalitas di dalam lampiran terpisah. Sebaliknya dengan Liberia, memasukkan definisi legalitas di dalam lampiran mengenai sistem jaminan legalitas kayu. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian Kupas VPA mengenai definisi legalitas.

Bagaimana memverifikasi kesesuaian. Lampiran mengenai sistem jaminan legalitas menerangkan tentang bagaimana cara negara-negara mitra VPA memeriksa bahwa kayu dan produk kayu mengikuti persyaratan yang sesuai dengan definisi legalitas. Di sebagian besar kasus, pemerintahlah yang memeriksa kesesuaian tersebut. Dalam beberapa contoh, pemerintah telah memperuat pemeriksaan kesesuaian dengan melibatkan organisasi non pemerintah untuk memeriksa dan mengawasi verifikasi. Di Indonesia, pemerintah memberikan kontrak kepada perusahaan auditor swasta yang disebut dengan Lembaga Penilaian dan Pemeriksaaan Kesesuaian untuk memeriksa. Pengawasan masyarakat sipil melengkapi audit dan memperkuat kepatuhan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian dari Kupas VPA pada verifikasi kepatuhan.

Kontrol rantai pasokan. Lampiran pada sistem jaminan legalitas menggambarkan bagaimana cara negara-negara mitra VPA melacak asal usul kayu dan produk kayu mulai dari hutan sampai ke titik ekspor. Kontrol rantai pasokan di VPA biasanya dibangun dari sistem yang ada. Lampiran ini juga menjelaskan bagaimana cara negara untuk melacak kayu transit dari negara-negara ketiga dan kayu yang diimpor untuk diolah sebelum diekspor. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian dari Kupas VPA pada kontrol rantai pasokan.

Lisensi FLEGT. Lampiran mengenai sistem jaminan legalitas menggambarkan mengenai bagaimana cara negara-negara mitra VPA menerbitkan izin FLEGT untuk produk yang sesuai dengan definisi legalitas mereka. Sebagian besar negara-negara mitra VPA ternyata perlu membuat struktur untuk menerbitkan izin FLEGT, sering juga dibangun di atas sistem lisensi dan kontrol yang ada. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian dari Kupas VPA pada lisensi FLEGT.

Audit independen. Lampiran mengenai sistem jaminan legalitas menggambarkan bagaimana cara pihak ketiga auditor independen memeriksa sistem jaminan legalitas dan komponennya secara reguler agar berfungsi sesuai dengan yang diuraikan dalam VPA. Sebuah lampiran terpisah pada masing-masing VPA juga menggambarkan kerangka acuan bagi auditor independen. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian dari Kupas VPA pada audit independen.

Informasi lebih lanjut

Tautan eksternal

EU. 2007. FLEGT Briefing Note 02: What is legal timber? European Union. [Download PDF]

EU. 2007. FLEGT Briefing Note 03: A timber legality assurance system. European Union. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int