Print Friendly and PDF


Lampiran VPA mengenai Kriteria penilaian sistem jaminan legalitas

Sampai saat ini, belum ada satupun sistem jaminan legalitas kayu yang siap untuk mengeluarkan lisensi FLEGT ketika para pihak menandatangani Kesepakatan Kemitraan Sukarela (VPA). Negara mitra harus memperbaiki sistem yang ada atau membentuk sistem yang baru selama tahap pelaksanaan, yang secara formal dimulai setelah para pihak meratifikasi kesepakatan.

Oleh karena itu, sebelum lisensi FLEGT dimulai, negara Uni Eropa dan negara mitra secara bersama-sama melakukan penilaian independen terhadap sistem jaminan legalitas kayu untuk memastikan bahwa mereka telah menjalankan komitmen seperti yang mereka tuliskan dalam VPA.

Lampiran mengenai kriteria penilaian sistem jaminan legalitas memberikan pertanyaan yang telah disepakati oleh para pihak mengenai apa yang harus dijawab dalam penilaian independen agar para pihak dapat menilai dan memutuskan apakah sistem tersebut telah kuat dan siap untuk dijalankan.

Jika misalnya, VPA mensyaratkan adanya undang-undang baru sebelum lisensi FLEGT dapat dimulai, maka persyaratan ini biasanya dimasukkan ke dalam kriteria penilaian untuk memastikan undang-undang ini akan dibuat.

Proses negosiasi isi dari lampiran kriteria penilaian sistem jaminan legalitas dapat digunakan oleh para stakeholders untuk memastikan keberadaan mekanisme tertentu sebelum lisensi FLEGT dimulai ini lebih baik dibanding setelah lisensi dimulai, Stakeholders dapat meminta kriteria dari mekanisme partisipasi, konsultasi, pengaduan serta struktur untuk memastikan adanya transparansi, misalnya.

Informasi lebih lanjut

Bagian yang terkait di dalam Kupas VPA

Naskah dan lampiran VPA

Sistem jaminan legalitas kayu



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016