Print Friendly and PDF


Tahap negosiasi proses VPA

Pada tahap negosiasi, negara pengekspor kayu dan Uni Eropa menyetujui naskah utama dan lampiran dari Perjanjian Kemitraan Sukarela (VPA). Sebelum ini bisa terjadi, negosiasi berlangsung dalam dan di antara kelompok-kelompok stakeholders di negara pengekspor kayu.

Negosiasi dalam negeri berkontribusi terhadap konsensus nasional yang membentuk dasar dari posisi negosiasi suatu negara dengan Uni Eropa. Oleh karena itu, ada tiga tingkat negosiasi pada tahap ini (Gambar 2).

Kupas VPA: Tahap negosiasi Kesepakatan Kemitraan Sukarela Fasilitas FLEGT Uni Eropa dan REDD di Vimeo.

Gambar 2. Tiga tingkat negosiasi dalam proses VPA: dalam kelompok stakeholders, antara kelompok-kelompok stakeholders dan antara Uni Eropa dan negara mitra

Selama tahap negosiasi, para stakeholders di negara pengekspor kayu dan Uni Eropa juga dapat melibatkan masyarakat luas pada skala lokal, nasional dan internasional. Misalnya dengan cara mengeluarkan siaran pers, laporan mengenai kemajuan kegiatan dan pertemuan publik untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang VPA, meningkatkan profil reformasi dan menegaskan kembali prinsip-prinsip VPA dari keterlibatan, transparansi dan akuntabilitas. Kegiatan-kegiatan tersebut membawa visibilitas dan momentum untuk proses VPA dengan membangun dukungan politik dan mendorong partisipasi. Hal ini juga memberikan kontribusi dalam membangun konsensus.

Baca lebih lanjut di bagian Kupas VPA mengenai negosiasi VPA nasional dan negosiasi VPA bilateral.

Informasi lebih lanjut

Bagian-bagian terkait Kupas VPA

Negosiasi nasional VPA

Negosiasi bilateral VPA




 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016