Print Friendly and PDF


Penguatan kapasitas

Untuk mempromosikan perdagangan kayu dan produk kayu secara legal, pemerintah dan stakeholder lainnya harus memiliki kapasitas untuk:

  • Penegakan hukum
  • Mempertahankan akuntabilitas
  • Penelusuran kayu dan pengawasan rantai pasokan
  • Memahami dan memenuhi persyaratan legal
  • Verifikasi legalitas kayu

Namun demikain, kapasitas semacam itu biasanya tidak kuat di negara pengekspor kayu, sehingga membuat kegiatan pembalakan liar tetap bertahan.

Proses Kesepakatan Kemitraan Sukarela (VPA) tidak hanya dapat mengidentifikasi kesenjangan kapasitas tetapi juga membantu mengisi kesenjangan tersebut. Pembangunan kapasitas dapat dilakukan selama proses VPA atau melalui komitmen para pihak yang dibuat di dalam naskah dan lampiran VPA. Sebagian besar VPA hingga hari ini menjelaskan tentang bagian-bagian dimana negara mitra mengidentifikasi kesenjangan kapasitas yang harus diisi. Baca lebih lanjut di bagian Kupas VPA pada bagaimana VPA memperkuat kapasitas.

Informasi lebih lanjut




 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016