Print Friendly and PDF


Focal point VPA

Sebagian besar pemerintah negara mitra membentuk nasional focal point untuk mengkoordinasikan proses Perjanjian Kemitraan Sukarela (VPA). Focal points dapat individu atau berbentuk struktur, baik di dalam maupun di luar lembaga pemerintah yang ada. Pemerintah dapat mengidentifikasi focal points selama atau sebelum negosiasi VPA. Focal point dapat terus mengkoordinasikan proses VPA selama tahap implementasi:

  • Di Republik Afrika Tengah, pemerintah menunjuk seorang pegawai negeri di kementerian lingkungan sebagai focal point yang berfungsi sebagai sekretariat untuk Komite Koordinasi Nasional VPA. PNS menangani aspek administrasi dan logistik dari proses tersebut dan memiliki satu asisten.
  • Di Ghana, pemerintah menunjuk seorang pegawai negeri di Komisi Kehutanan sebagai focal point sebagai tugas tambahan.
  • Di Indonesia, sebelum negosiasi VPA resmi dimulai, Departemen Kehutanan secara resmi mengidentifikasi 12 PNS untuk menjadi focal points. Kelompok ini sengaja dibuat untuk melakukan kegiatan peningkatan kesadaran VPA baik di dalam kementerian dan instansi pemerintah terkait lainnya. Kelompok ini juga mengembangkan materi untuk mendukung posisi Indonesia, mengkoordinasikan kegiatan antara pemerintah dan stakeholders lainnya dan menyelenggarakan lokakarya multipihak yang mengarahkan keputusan untuk memulai negosiasi.
  • Laos mendirikan focal points di awal tahap pra-perundingan. Struktur multipihak melibatkan tiga kementerian, sektor swasta dan masyarakat sipil.
  • Liberia membentuk sekretariat teknis independen yang terdiri dari empat orang untuk memfasilitasi proses VPA. Ketika negosiasi berakhir, pemerintah menugaskan sekretariat teknis dengan mengkoordinasikan kegiatan pra-pelaksanaan VPA selama periode interim antara akhir negosiasi dan ratifikasi. Setelah ratifikasi, komite implementasi bersama menjadi operasional.

Informasi lebih lanjut

Tautan Eksternal

Duffield, L. and Ozinga, S. 2014. Making Forestry Fairer. A Practical Guide for Civil Society Organisations Taking Part in VPA Negotiations. FERN. 68pp. [Download PDF]



 

Disclaimer. Isi dari Kupas VPA berasal dari pelajaran dan pengalaman yang diambil dan digambarkan oleh EU FLEGT Facility dan dengan demikian sepenuhnya menjadi tanggung jawab EU FLEGT Facility. Untuk komentar dan pertanyaan, mohon untuk menghubungi EU FLEGT Facility pada: info@euflegt.efi.int

© European Forest Institute 2016